Rahasia HP dengan kualitas camera terbaik

Benarkan kualitas kamera hp atau smartphone di tentukan oleh merk? benarkah kualitas camera smartphone baru bisa di bilang bagus kalau harga gadgetnya diatas 1 jutaan? ternyata penentu camera bagus tidak hanya dari harga. ada kalanya android harga murah tapi kualitas tidak murahan. umumnya kualitas camera yang paling diunggulkan adalah camera belakang padahal kamera depan di dalam smartphone tidak kalah pentingnya lho.

Sekarang ini kan jaman selfie dimana kualitas camera depan atau belakang tetap harus dijaga keseimbangannya. agar aktifitas selfie ria tidak terganggu.lalu bagaimana cara kita mengetahui kualitas camera sebuah gadget itu bagus? faktor apa saja yang menentukannya?

Faktor penentu kualitas camera smartphone

Saya sempat mendapat pertanyaan tentang kualitas camera, pada waktu itu saya menggunakan acer liquid Z4 dimana android tersebut cameranya 5 MP. namun kualitas jepretan macronya menakjubkan. berbeda sekali dengan merk adv*n. padahal sama sama 5 MP. jadi apakah yang menyebabkan perbedaan itu?

Rahasia camera smartphone #1 Sensor camera

Terkadang megapixel sebuah hp besar tapi hasil tangkapan cameranya tidak sebagus camera dengan megapixel dibawahnya kenapa demikian? hal ini disebabkan sensor camera lebih baik daripada camera dengan MP lebih besar. namun bila sensor bagus dan MP besar berarti kita telaah lagi faktor no 2.

Rahasia camera smartphone #2 Lensa camera atau Aperture

Gelap terangnya sebuah foto ditentukan dari lensanya. aperture ini seperti sebuah ban. bila ban semakin tebal dan jari jari motor semakin kecil maka kualitas gambar yang dihasilkan semakin bagus. begitu juga sebaliknya.

Rahasia camera smartphone #3 Auto fokus camera

Untuk auto fokus, terkadang tidak hanya faktor hardware atau dari cameranya. sebab aplikasi yang dipakai untuk mengambil gambar juga berpengaruh. hal ini saya buktikan di infinix hot 2 yang sudah android 6.0 ( marshmallow ) dan acer Z160 yang masih jelly bean. pada infinix menggunakan google camera sedangkan di acer menggunakan camera bawaan. di camera bawaan ini justru banyak opsi yang bisa kita pilih sebelum membidik objek. jadi auto fokus ini akan menghasilkan gambar yang sempurna bila didukung aplikasi yang bagus.

Rahasia camera smartphone #4 Image processor

Ini yang penting, di dalam sebuah gadget terdapat sebuah chip yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar tersebut. selain chip terdapat juga program khusus di dalam firmware atau systemnya. oleh karena itu mulai dari sekarang alangkah baiknya lebih teliti lagi dalam memilih android jika hendak dipakai untuk selfie atau pengambilan momment momment berharga.
Reaksi:

You Might Also Like: