Tutorial hardreset / factory reset Evercoss A54

Hard reset disebut juga factory reset adalah solusi terbaik ketika android mengalami masalah. Pada kesempatan ini mari kita belajar bersama tentang cara melakukan hard reset Evercoss A54. Jika evercoss A54 sobat mengalami bootloop, sering hang atau lupa password berarti kemungkinan besar masih bisa di perbaiki dengan cara hard reset ini.

Nah sebelum membulatkan tekad dan niat melakukan hard reset, ada baiknya sobat ketahui bahwa ketika hardreset ini berhasil maka semua data, contact dan file yang tersimpan di memory internal atau penyimpanan telephone akan hilang alias lenyap. Oleh karena itu ada baiknya jika sobat ingat ingat sandi facebook, whatsapp, akun BBM dan lain lain. Nah yang terpenting adalah email google jangan sampai lupa.

Step by step Hard reset Evercoss A54 :

Pertama, kita pastikan daya atau baterai android kita masih banyak. Yah paling tidak diatas 50% sebab proses restore ke pengaturan pabrik ini memakan waktu yang cukup lama. Kalau tidak salah sekitar 5 – 10 menit.

Kedua kita harus masuk recovery mode. Apa itu recovery mode? Recovery mode adalah sebuah keadaan anndroid yang menyediakan menu pengembalian settingan atau recovery. Bagaimana cara mengakses menu recovery ini? Pada umumnya cara masuk recovery sebuah android adalah dengan menekan bersama sama tombol power dan volume atas atau volume +.

Tekan tombol tersebut hingga android menyala dan muncul logo. Kemudian disusul menu recovery. Di beberapa android akses recovery ini tidak bisa digunakan jika belum mengaktifkannya. Namun beruntung di evercoss A54 ini kita bisa mengaksesnya tanpa memerlukan langkah pengaktifan. Jika sudah sampai di logo silakan lepas kedua tombol tersebut.

Setelah masuk recovery kita tidak dapat menggunakan fitur touchscreen. Untuk dapat memilih menu kita gunakan tombol volume up dan volume down. Kemudian untuk menjalankan perintah tersebut kita gunakan tombol power. Ok kita lanjutkan tutorialnya sampai disini apakah sobat melihat menu wipe data / factory reset? Arahkan ke menu tersebut menggunakan tombol arah atas dan bawah.

Kemudian tekan tombol power. Setelah itu kita disuguhkan beberapa pilihan disana. Carita pilihan yes - - detele all user data yang artinya ya hapus semua data pengguna. Tekan tombol power sekali lagi. Maka muncul proses tunggu prosesnya hingga selesai.

Kita lanjut ke step berikutnya. Kembali ke menu utama dari cari pilihan wipe cache partition, fungsi dari hapus cache ini adalah menghapus file file sementara yang sudah tidak berguna yang tersimpan di partisi. Kalau sudah kembali ke menu utama atau pilih reboot system now untuk mematikan dan menghidupkan kembali ponsel.

Sampai disini prosesnya selesai, selanjutnya ponsel akan memulai loading dari awal. Jangan kaget dan panik bila saat booting agak lama ini karena setelah di reset android mengatur ulang semua setelan dan aplikasi. Setelah masuk home screen nanti ada pilihan bahasa, dan kita diminta untuk memasukkan akun gmaill kita.

Itulah sedikit informasi tentang cara hard reset evercoss A54. Cara ini bisa di terapkan pada semua device / gadget dengan system operasi android. Walaupun untuk cara masuk recoverynya terkadang hanya berbeda di tombol volume atas atau volume bawah. Dan saat kedua tombol tersebut dilepas terkadang langsung masuk recovery mode atau muncul 3 options ( fast boot, normal boot dan recovery mode ). Namun intinya tetap sama yaitu mengembalikan semua settingan ke pengaturan pabrik.
Reaksi:

You Might Also Like: