Custom ROM Oppo for Evercoss A12

Custom ROM adalah sebuah system dari device lain yang sudah di modifikasi sehingga bisa dipasang atau diinstall pada device tertentu dengan processor setype. Untuk Evercoss A12 juga ada custom ROM terbaru yaitu custom ROM oppo for evercoss A12.

Sebenarnya ini adalah sebuah android oppo tapi palsu. Hanya dari tampilannya saja dia mirip dengan oppo dari segi hardware tetap evercoss A12.

ROM ini diporting dari Oppo R831. Apakah sobat bisa menebak berapa ukuran dari ROM ini? Size ROM hanya 190 an MB jadi bisa dikatakan ini ukuran yang sangat mini alias kecil. Saya pernah mendapatkan sebuah ROM dengan ukuran yang lebih besar. Tapi itu tak usah dibahas disini ya. Kita lanjut bicarakan cusrom for evercoss A12 ini.

Feature Custom ROM Oppo lite series :

Banyak feature yang ada di ROM ini seperti semua aplikasinya sudah deodex, apa itu deodex? Deodex artinya setiap aplikasinya sudah tergabung dengan filde dex. Jadi jika kita menghendaki untuk menyalin sebuah file apk kita hanya perlu copy file.apk nya saja tanpa perlu menyalin file.odex nya.

Fitur yang menarik lainnya ialah sudah diroot, jadi kita tidak usah capek capek melakukan root lagi. Kemudian juga sudah support init.d yang artinya siap dipasangi segala macam tweak yang berhubungan dengan init.d ini. Karena ini custom ROM Oppo tentu saja tampilannya mirip sekali dengan color os bawaan smartphone oppo.

Bukan itu saja soba, di ROM ini kita sudah mendapatkan dolby, tak ada lagi keluhan suara kurang mantab seperti sebelumnya tentunya. Dan sudah di lengkapi dengan music player yang sudah di modifikasi, terdapat notifikasi ketika android di isi dayanya, smooth dan super lancar.

Apakah itu saja? Tentu tidak mmasih ada fitur transparan statusbar dan di hampir semua menunya. Dan lockscreen juga sudah disesuaikan agar tampilannya mirip dengan oppo, yang paling tidak 11:12 lah ya. Sekarang sobat tidak perlu bingung lagi jika ingin restart, di Custom ROM oppo palsu ini sobat bisa melakukan restart dengan 3 cara lho.

Dari semua kelebihan itu, terdapat 2 kelemahan atau bug. Yaitu tidak adanya playstore atau Google apps, jadi kita harus ambil sendiri dari ROM original. Oleh karena itu sebaiknya kita backup dulu semua yang penting penting sebelum melakukan install ROM kenapa penting? Semua sudah dibahas di pentingnya backup sebelum flash ROM. Selain tidak ada google play store di ROM ini ketika di charge atau di isi daya ketika ponsel dalam keadaan mati maka indikator charger terbalik. Itu saja si.

Oh ya untuk ROMnya terdapat dua file, ada untuk kernel 2013 atau untuk kernel 2014. Jadi sesuaikan dengan kernel sobat. Jangan lupa check versi kernel sebelum install ROM ini ya

Cara install Custom ROM Evercoss A12:

Pertama adalah siapkan file yang akan diinstall, file bisa di download melalui link di akhir post ini. Setelah itu masuk recovery - wipe data / factory reset, wipe cache and dalvick – format data – format cache – dan install ROM. Proses install memang sedikit lama jadi dibutuhkan kesabaran extra hingga proses flashing selesai. Jika sudah selesai evercoss A12 akan restart dan tunggu hingga mask home screen. Berbeda dari android lain, evercoss A12 ini membutuhkan waktu bootling sedikit lama setelah install ROM. Berapa waktunya? Kira kira 2 -5 menit sob.

Link ROM : Kernel 2013 | Kernel 2014
Reaksi:

You Might Also Like: