Cara mudah mengetahui EMMC android rusak

Di kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri ciri EMMC rusak dan penyebab kerusakan EMMC. Sekarang kita coba untuk melakukan test apakah benar EMMC tersebut benar benar rusak atau masih baik baik saja. Cara testnya bagaimana dan bahan apap saja yang diperlukan untuk proses testing ini? Cukup satu komputer, dan beberapa file saja kok sob.

Cara mudah mengetahui EMMC android rusak

Pertama kita siapkan SP flashtool, driver HH / android masing masing dan scatter. Dimana kita mendapatkan SP flashtool? Sobat bisa dapatkan di google. Sedangkan untuk driver biasanya disedikan di web resmi masing masing android. Dan scatter ada di firmware atau stockrom original yang juga bisa sobat dapatkan di web supportnya.

Sekarang buka sp flashtool dan klik load scatter dan pilih memory test. Disini kita akan pilih jenis pengetesan. Silakan beri centang pada IC flash NAND (EMMC). Kemudian klik start.
Jika EMMC masih bagus alias belum rusak maka pattern test akan berjalan dan block partisi akan muncul di layar. Namun bila ternyata EMMC sudah rusak maka ada notifikasi bahwa test tersebut gagal ( failed ).

Berikut hasil test di Advan S5E yang menggunakan chipset atau CPU MT6572. Nah untuk sobat yang akan melakukan test harap diperhatikan jenis chipset yang digunakan. Karena bila ada kesamaan chipset kita tidak perlu lagi mengunduh stockrom hanya untuk mengambil scaternya saja.
Dan test ini dilakukan saat android dalam keadaan mati, baterai tidak terpasang. Kalau masih terpasang biasanya yang muncul indicator baterai di isi dan proses tentunya tidak akan berjalan dengan baik.

Demikian informasi singkat untuk mengetahui apakah EMMC kita masih bagus atau tidak. Andai masih bagus berarti harus dirawat baik baik sedangkan bila sudah rusak ya tinggal mau ganti atau beli android baru yang EMMCnya masih baru dan belum rusak. Salam android panas.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser