Cara mengembalikan data yang terformat di memory card android

Dimana kita menyimpan data? Di flashdisk, di harddisk laptop, di penyimpanan online atau di memory card? Masing masing penyimpanan tersebut punya kelemahan dan kelebihan masing masing. Sebagai contoh nih misal kita simpan data di penyimpanan online. Data kita memang aman seratus persen, tapi saat password loginnya lupa, mau apa kita? Padahal file kita kita sembunyikan dan tidak ada publik yang tahu sedihkan jadinya.

Atau kita lebih suka menyimpan data di penyimpanan offline seperti SD card atau flashdisk. Penyimpanan ini ternyata juga punya kelemahan. Misalnya kita salah klik sehingga semua data yang ada didalamnya hilang tanpa sebab. Atau tanpa sengaja terformat. Waw jadi pusing pastinya ya.

Di jaman modern ini apalagi dunia android sudah memasyarakat tak heran jika banyak aktifitas bisnis yang dapat dikerjakan menggunakan media perangkat mobile, setiap dokument kantor bisa kita save dan edit melalui smartphone. Setiap momment berharga bisa kita simpan di SD card. Walaupun terkadang kita lupa untuk melakukan backup.

Kalau sudah begini data memory card hilang atau terformat hanya bisa nangis dan nangis. Itu dulu, seharusnya sekarang hal seperti itu tidak perlu dilakukan sebab sudah ada aplikasi yang dapat mengembalikan data SD card yang hilang.

Mengembalikan data yang hilang dengan easus data recovery

Pertama kita harus punya easus data recovery ini. Kita bisa download melalui link di akhir post ini. Selanjutnya install aplikasi tersebut di komputer atau laptop dengan system operasi windows. Setelah selesai pasang segera jalankan aplikasi tersebut.

Disana akan muncul 3 pilihan yaitu deleted file recovery, complete recovery dan partition recovery. Langsung saja pilih complere recovery. Tahap selanjutnya pemilihan media yang akan kita coba selamatkan datanya. Karena kita akan menyelamatkan memory card jadi kita pilih memory card kita.
Sebelum ke tahap diatas, pastikan memory card kita sudah terhubung ke computer. Kita bisa langsung mengkoneksikan android ke laptop dan pilih mode penyimpanan masal atau cabut memory card dan pasang di card reader. Lalu pilih next

Proses scanning file akan dilakukan. Kapasitas dari sd card akan menentukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai data yang ada disana. Selain itu jenis file yang tersimpan juga akan menambah waktu scaning. Sampai disini kita bisa melakukan aktifitas lain seperti berdoa agar prosesnya cepat dan hasilnya akurat.

Saat proses scaning sudah selesai, kita dihadapkan pada pilihan partition atau partisi. Umumnya ada 3 partisi. Kita pilih saja partition yang paling disarankan lalu klik next. Setelah itu terdapat folder dan file disana. Agar tidak bingung pilih semua file dan folder yang ada disana lalu pilih next.

Selanjutnya tentukan lokasi dimana kita akan menyimpan file hasil recovery tersebut. Sebaiknya pilih partisi atau tempat yang mempunyai ruang kosong paling banyak atau setidaknya cukup untuk menampung semua data hasil recovery tersebut. Dan prosesnya agak lama, tapi tenang waktu pemindahan ini tidak selama waktu scaning. Jadi kita harus tetap terjaga didepat laptop atau komputer.

Setelah itu check folder yang tadi kita pilih sebagai tempat penampungan file. Prosesnya bisa dibilang selesai bisa juga dibiang belum sebab proses recovery data hilang di memory card menggunakan easus sudah selesai tapi tahap selanjutnya adalah melakukan pemilahan terhadap file hasil recovery tadi. Hasil recovery umumnya jarang yang namanya sama seperti ketika belum hilang. Walaupun ada juga yang tetap sama seperti semula.

Oh ya dengan aplikasi reasus ini tidak 100% mengembalikan data yang hilang ya. Ada kalanya beberapa file tidak bisa di recovery. Jadi next time lebih baik membuat dua atau 2 salinan di tempat berbeda agar saat terjadi satu masalah file tersebut tetap aman.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser