Cara mudah backup dan restore imei hanya 2 detik

Kita pernah bahas tentang bahaya install custom ROM kan? Nah disana disebutkan bahwa salah satu resikonya adalah kehilangan imei. Memang sih imei bukan satu hal yang pokok, tapi andai android tidak ada imei maka jaringan atau signal tidak akan muncul. Dan ini mengakibatkan kita tidak bisa menggunakan android. Tidak bisa telephone, tidak bisa sms dan tidak bisa mengakses internet.

Bila imei hilang di zenfone ini agak menyusahkan. Kenapa menyusahkan? Sebab chipset yang dipakai bukanlah chipset biasa. Dia menggunakan intel tidak seperti android kebanyakan yang menggunakan chipset MTK dan snapdragon. Untuk mengantisipasi imei hilang ini kita perlu melakukan backup. Caranya seperti apa yuk langsung simak saja.

Cara backup dan restore imei di zenfone

Pada tutorial kali ini kita akan melakukan backup di zenfone 4. Yang perlu kita lakukan adalah root, kemudian install terminal emulator melalui playstore.

Buka terminal emulator dan ketik SU lalu enter
Ketik lagi dd if=/dev/block/mmcblkop3 of=/sdcard/mmcblkop3.img lalu enter

Setelah itu check di SD card atau memory card. Pindahkan hasil backup tersebut ke komputer atau upload ke penyimpanan online agar tidak hilang.

Sekarang kita coba untuk mengembalikan atau restore imei ya.
Syaratnya masih sama yaitu terinstall terminal emulator dan sudah di root. Perintahnya sebenarnya hanya dibalik yaitu copy dari sdcard ke system lebih tepatnya seperti ini :

su lalu enter
dd if=/sdcard/mmcblk0p3.img of=/dev/block/mmcblk0p3 lalu enter

setelah itu restart zenfone sobat. Kalau sudah masuk home screen check imei dengan ketik *#06# lalu call. Harusnya disana sudah terinstall imeinya. Yang jadi masalah adalah bagaimana jika belum pernah melakukan backup imei? Tenang saja sob sudah ada backup kok. Tapi ini dari firmware kitkat v6.5.30 ya.

link via mediafire
Reaksi:

You Might Also Like: