3 penyebab android mati sendiri walau batterai penuh


Pernahkah kita mengalami android tiba tiba mati padahal kita yakin batterainya masih full? Jika demikian berarti sama kasusnya dengan masalah teman saya. Yang lebih aneh lagi adalah, saat di koneksikan dengan charger android kembali normal tidak adda masalah dan tidak mati lagi. Hal semacam ini terjadi bisa karena batterainya memang bermasalah atau bisa juga karena faktor HP atau android kita.

Android memang menjadi keperluan super penting sekarang ini. Saking pentingnya, sampai ada yang rela membawa power bank. Tujuannya untuk mengantisipasi andaikata batterai tiba tiba habis. Ya maklum saja bila batterai boros, android bekerja multi tasking jadi banyak daya yang dia butuhkan misalnya dipakai untuk bermain game sambil musikan, di pakai untuk chatting sambil download dan lain sebagainya.

Apakah penyebab HP mati sendiri walau batterai masih penuh?

Walau sudah beredar batterai dengan daya lebih banyak atau istilahnya double power tapi masalah atau keluhan cepat boros tetap saja ada. Sebenarnya apa penyebabnya? Sebelum itu ada sedikit info nih untuk sobat semua bahwa android sudah di design sedemikian mungkin untuk mengkalibrasi daya batterai yang digunakan. Disana sudah terdapat system yang bertugas untuk mengatur input dan outpun daya sehingga status daya batterai dan indikator di layar kita sama.

Akan tetapi karena faktor x system tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan informasi batterai tidak akurat. Batterai sebenarnya sudah habis tapi di layar masih 50 persen atau bahkan masih full. Untuk masalah tersebut ternyata penyebabnya ini :

Penyabab HP mati sendiri #1 Batterai sudah drop atau lemah

Ini penyebab utama matinya android secara tiba tiba. Untuk mengatasi masalah ini, kita cukup membeli batterai yang baru yang setype lalu memasangnya kembali. Jika system dan hardware tidak ada masalah maka semua akan kembali normal. Oh ya jangan lupa untuk membeli batterai yang original dan garansinya jelas.

Penyabab HP mati sendiri #2 System android bermasalah

Saat sudah mengganti batterai dengan yang baru namun masalah masih belum kelar juga berarti harus ada tindakan yang lebih lagi. Caranya adalah dengan melakukan factory reset atau dikembalikan ke settingan pabrik. Setelah itu baru test lagi batterainya dan lihat indikator yang ada.

Penyabab HP mati sendiri #3 Hardware ada yang rusak.

Ini khusus untuk kasus yang sudah berat dimana dua solusi diatas sudah tidak bisa menyembuhkannya. Diandroid, jarang sekali atau kecil kemungkinan masalah ini terjadi akan tetapi di HP java biasanya sering terjadi. Itu sih menurut cerita teman teknisi yang biasa menjumpai keluhan ini.

Untuk menghindari 3 masalah penyebab android mati sendiri, sebaiknya matikan HP saat proses pengisian daya. Kemudian segera lakukan pengisian bila sudah mendapat peringatan bahwa batterai hampir habis. Untuk mencegah borosnya batterai bisa ikuti tips agar batterai android awet
Reaksi:

You Might Also Like: