Cara backup and restore android use CWM


Cara backup dan restore android bisa di lakukan dengan berbagai cara. 1 menggunakan cwm, 2 menggunakan TWRP dan yang ketiga menggunakan pc tanpa root. unntuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara backup menggunakan cwm atau clockworkmod sekaligus cara restorenya. oh ya kelebihan dari cwm ini adalah, kita tetap dapat mengambil file hasil backupannya dan ini feature yang sangat saya sukai.

Di postingan sebelumnya yang berjudul cara root evercoss A5A saya bernjanji untuk berbagi info mengenai cara backup dan restore via CWM. dan sekarang saya akan menempati janji tersebut. hehe kan katanya kalau janji harus di tepati biar tidak masuk golongan orang munafik, betul ? ok lets go.

Cara backup dan restore android dengan cwm

Cara backup rom menggunakan CWM :

Sebelum melanjutkan cara backup rom ini pastikan bahwa android teman teman sudah dalam keadaan root dan sudah terpasang cwm disana. khusus kitkat semua merk hp bisa ikuti cara root androit kitkat all device. jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi selanjutnya ikuti petunjuk berikut :

  • Masuk recovery mode - cara masuk recovery mode umumnya tahan tombol volume + dan tombol power atau volume - dan tombol power sampai muncul pilihan boot. pilih recovery maka akan masuk CWM.
  • Di menu cwm pilihlah menu backup dan restore. dan muncul 2 pilihan backup atau restore. pilih backup
  • setelah itu akan muncul pesan konfirmasi. hanya ada satu pilihan yes disana. pilih yes.
  • proses akan segera di mulai dan tunggu sampai selesai.
  • pilih back dan pilih reboot now
  • check di sd card atau memory external apakah sudah ada folder bernama clockworkmod kemudian backup, jika sudah ada berarti berhasil.

Pastikan kapasitas kosong atau free space pada sd card mencukupi. biasanya hasil backup mendekati 2 GB alangkah baiknya check terlebih dahulu sebelum nanti menemui pesan gagal karena ternyata sd card sudah penuh. jika sudah di backup lalu bagaimana cara restorenya? yuk simak langkah restorenya.

Tutorial restore hasil backup menggunakan cwm

  • Matikan android dan masuk recovery, caranya sudah di jelaskan diatas.
  • Masuk menu backup dan restore, namun kali ini kita akan memilih restore.
  • setelah itu pilih hasil backupan tadi
  • Jika sudah selesai restart HH dan selamat sekarang androit teman teman sudah kembali ke keadaan semula lagi.
Harap di perhatikan sebelum restore, segala aplikasi yang telah di install setelah backup tidak akan ikut di restore. kemudian pastikan di penyimpanan internal tidak ada file penting kita. sebab jika sudah di restore maka data akan otomatis hilang.

Setelah di backup sebaiknya di burning di cd atau di salin ke penyimpanan lain, bisa di laptop atau komputer atau flash disk. tujuannya adalah untuk berjaga jaga jika nanti sd card yang terpasang di android kita terformat atau mengalami kerusakan.

cara backup dan restore android ini bisa juga di terapkan di android lollipop. semoga info ini bermanfaat. jika ada pertanyaan atau ada yang belum jelas silakan tulis di kotak komentar.
Reaksi:

You Might Also Like: