Pengertian root dan fungsinya

Apa sih pengertian root itu? sering kali kita mendengar kata root ketika sedang mengikuti sebuah diskusi atau mencari informasi mengenai modifikasi android. haruskah android baru yang baru kita beli kita root? dan fungsinya untuk apa? apakah root mempunyai efek samping dan kelemahan?

Segudang pertanyaan itu juga terbesit dalam kepala saya ketika baru pertama kali memegang HH atau android. sempat ada rasa takut di hati jika nanti malah terjai kerusakan atau muncul error di HP. namun berbekal nekat saya akhirnya melakukan root pada acer liquid z4.

Setelah itu tidak ada dampak apa apa yang saya rasakan. mungkin karena memang pada saat itu saya masih benar benar newbe. namun sekarang saya sedikit mengerti mengenai pengertian root dan fungsi root itu sendiri. sebagai praktek dari sebuah semboyan "berbagi itu indah" ,maka saya juga akan berbagi kepada teman teman mengenai hal tersebut.

Pengertian root pada HP android

Root atau rooting berarti mengaktifkan akun administrator pada android. istilah administrator disini di kenal dengan super user. dengan mengaktifkan hak akses super user ini kita dapat dengan leluasa memodifikasi file system, menghapus data system atau menambah dan merusaknya. ngeroot sama artinya dengan hack system android. dari penjelasan diatas tentu saja sudah paham tentang kegunaan dari root.

Fungsi root android

seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa kita sudah mempunyai hak akses atas file file system. sebelum kita melakukan rooting kita tidak bisa melihat file yang merupakan bawaan android. yang dapat kita lihat yang yang ada pada micro SD dan memory internal sedangkan untuk partisi systemnya kita tidak di perbolehkan untuk melihatnya.

Apa keuntungan dan kerugian melakukan root pada android?

Kerugian HP android yang sudah di root - jika teman teman pernah membaca kalau ternyata root itu bisa menambah besar kemungkinan android terkena root itu tidak benar. pasalnya android berbasis linux jadi sangat minim sekali hal itu bisa terjadi.

Sedangkan kerugian yang pasti kita dapat adalah hilangnya masa garansi. namun jangan takut karena kita bisa melakukan backup terlebih dahulu atau melakukan unroot. prosesnya silakan disimak di cara backup android dan di tutorial unroot permanent android.

Keuntungan HP android sesudah di root 
  1. Dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak di perlukan - tidak semua pengguna gadget menyukai aplikasi bawaan android mereka. ada beberapa yang lebih memilih untuk mengganti dengan aplikasi yang sudah mereka percayai atau sudah mereka gunakan sejak lama. sebagai contoh di acer liquid z4. beberapa aplikasinya bisa kita disable atau kita matikan demi mengurangi beban kerja processor. aplikasi tersebut apa saja? lihat di daftar app yang aman untuk di matikan / freeze.
  2. Dapat memindah aplikasi ke memory external - device android di bekali memory internal dan system storage. di system storage inilah kita menginstall aplikasi. jika kita belum melakukan rooting maka kita hanya dapat melakukan disable app bukan uninstall atau memindahkannya ke external. namun dengan root kita bisa memberi sedikit ruang bebas kepada system storage sehingga tidak terlalu menumpuk.
  3. Dapat melakukan backup aplikasi dan system - backup aplikasi artinya kita membuat salinan aplikasi saja sedangkan backup system adalah membuat backup seluruh system termasuk aplikasi yang terinstall di dalamnya.
  4. Merubah tampilan - tampilan bukan dari thema atau launcher melainkan kita bisa mencoba untuk system operasi android brand lain. misalkan system atau rom dari oppo joy atau rom miui.acer z4 sendiri sudah mempunya banyak custom rom. untuk lebih detailnya silakan mampir di daftar rom acer z4.
  5. Bisa mengoptimalkan kerja processor - pernahkah kita merasa kalau android kita lelet bin lemot? apakah penyebabnya? mungkin di karenakan processor bekerja kurang optimal. untuk itu kita memerlukan tweak. dengan tweak ini kita bisa mendapatkan peforma terbaik dengan semoot dan no lag saat bermain game. tweak yang bisa di pakai di acer liquid z4 sudah di bahas di memaksimalkan acer z4 dengan tweak.

Demikian pengertian root beserta fungsi keuntungan dan kerugian setelah melakukan root.
Reaksi:

You Might Also Like: